The Millennials Kyoto: Rekomendasi Hotel Kapsul Modern, Bersih, dan Nyaman di Pusat Kota Kyoto

Jika Anda berencana mengunjungi Jepang dan berniat untuk menghabiskan satu-dua malam di kota Kyoto, hotel kapsul The Millennials Kyoto mungkin bisa Anda jadikan salah satu pilihan tempat menginap.

The Millennials Kyoto

The Millennials Capsule Hotel, Kyoto, Jepang

The Millennials Kyoto adalah penginapan berjenis Capsule Hotel (hotel kapsul). Berlokasi strategis di tengah area komersial Kyoto serta berjarak hanya sekitar 500 m dari Distrik Geisha (Gion), hotel ini mampu memenuhi keinginan wisatawan yang ingin merasakan sensasi menginap di pusat kota Kyoto, di mana destinasi wisata utama dapat dijangkau dengan berjalan kaki.

The Millennials Kyoto Berlokasi di Kawasan Komersial yang Ramai

The Millennials Kyoto Berlokasi di Kawasan Komersial yang Ramai

TENTANG HOTEL KAPSUL

Hotel kapsul jelas berbeda dari hotel biasa. Ia lebih tepat disejajarkan dengan hostel, namun dalam versi yang lebih premium.

Layaknya hostel (dengan ‘s’), hotel kapsul mengharuskan pelanggannya untuk berbagi ruangan tempat tidur dengan pengunjung lainnya. Fasilitas pendukung seperti kamar mandi dan dapur juga digunakan bersama-sama.

Istilah Hotel Kapsul sendiri mengadopsi area tidur yang dikondisikan menjadi ruang-ruang tidur kecil privat yang menyerupai kapsul atau kabin.

Tipe Kamar di Kapsul Hotel

Tipikal Area Tidur di Kapsul Hotel

Satu ruang tidur besar terdiri atas beberapa kapsul, sama seperti hostel biasa yang umumnya menggunakan beberapa kasur bertingkat. Masing-masing kapsul hanya dapat dihuni oleh satu orang pengunjung.

Hotel kapsul biasanya menawarkan fasilitas basic untuk menginap, ruangan yang sempit, ketiadaan loker pribadi, area tidur yang tidak terkunci, harga yang cenderung lebih murah, disertai kelebihan yang tidak dimiliki hostel biasa: sedikit tambahan privasi.

Kapsul Tempat Tidur

Kapsul Tempat Tidur

Meskipun demikian, jangan buru-buru mengira semua hotel kapsul tidak memberikan kenyamanan saat menginap.

Justru sebaliknya, saat ini banyak hotel kapsul yang muncul dengan konsep penginapan yang lega, murah, stylish, dengan privasi pengunjung tetap terjaga.

The Millennials Kyoto adalah satu di antaranya.

LOBI DAN CHECK IN

The Millennials Kyoto memiliki dua buah lobi. Satu lobi hotel berada di lantai dasar, sementara lobi lainnya dapat dicapai dengan menggunakan lift dan berada di satu ruangan yang sama dengan lounge/common room.

Di lantai dasar, Anda hanya akan menemukan satu meja minimalis sebagai petunjuk bahwa Anda berada di penginapan yang benar. Saat memasuki lobi tersebut, kesan minimalis dan bersih sudah terasa. Warna putih dan perak mendominasi interior ruangan, memberi kesan modern dan minimalis.

DSC08458

Lobi Lantai Dasar The Millennials Kyoto

Tamu yang akan menginap dapat menuju lobi utama hotel dengan cara menggunakan lift yang berada di sisi kanan lantai dasar. Lift tersebut akan membawa Anda ke lobi utama, di mana terdapat resepsionis yang akan membantu proses check in.

DSC08462

Lift yang Membawa Pengunjung ke Lobi Utama dan Area Kamar

Saat check in di The Millennials Kyoto, Anda akan diminta untuk menonton satu video pengenalan hotel yang sudah disiapkan di perangkat tab meja resepsionis.

Selanjutnya Anda diminta mengkonfirmasi data dan menandatangani dokumen (lagi-lagi digital) persetujuan untuk mematuhi ketentuan menginap.

Ringkas dan paperless.

Lobi Utama

Lobi Utama

Setelah paspor dan pesanan Anda dikonfirmasi, Anda akan diberi satu kunci untuk mengakses ruangan tidur di lantai lainnya.

Yang menarik, selain diberikan kunci biasa (kunci kapsul tempat tidur), pada saat check in pengunjung juga akan diberikan 1 unit Ipod.

Iya, Ipod.

Tentunya, Ipod tersebut telah dikostumasi sehingga tidak bisa digunakan untuk memutar musik atau bermain game. Ipod ini hanya dapat digunakan untuk mengaktifkan fasilitas-fasilitas high-tech yang dimiliki oleh area tempat tidur hotel ini.

Jika Anda merasa Ipod tersebut terlalu besar untuk dikantongi dan dibawa kemana-mana, Anda bisa menitipkannya di lobi sebelum meninggalkan kamar. Yang perlu diingat, jangan sampai lupa mengembalikan Ipod tersebut pada saat check out.

AREA TIDUR

Area tidur The Millennials Kyoto dipisahkan berdasarkan gender. Terdapat 1 dormitori untuk pengunjung pria, 1 dormitori lain untuk pengunjung wanita di lantai berbeda, dan 1 dormitori campuran.

Pintu Menuju Area Tidur

Pintu Menuju Area Tidur

Tempat tidur di hotel ini tidak dinamakan kapsul ataupun kabin, melainkan disebut dengan istilah Pod.

Satu pod berukuran lebar kira-kira 120 cm. Cukup lebar bukan?

Tempat Tidur Berdiameter 120 cm

Tempat Tidur Dengan Lebar 120 cm

Setiap pod dilengkapi dengan 2 buah bantal, satu buah cermin besar, gantungan baju, rak buku, serta selimut.

Kasur yang tersedia di dalam pod dapat disesuaikan posisinya. Mirip seperti kasur pasien rumah sakit yang dapat dinaik-turunkan sesuai kebutuhan.

Jika dibutuhkan, tempat tidur juga dapat dilipat dua hingga memberikan tambahan ruang jika ingin berdiri dan bercermin di dalam pod tersebut. Jika pengunjung ingin duduk dan bersandar, bagian atas tempat tidur dapat dinaikkan. Semuanya dapat dilakukan dengan cara mengakses kontrolnya pada Ipod yang diberikan.

IMG_1344

Satu Dormitori Terdiri Atas Cukup Banyak Pod

Tempat tidur juga dapat dikondisikan untuk sepenuhnya rata, sehingga posisi tidur Anda bisa lebih nyaman. Sayangnya, saat dikondisikan sepenuhnya datar, panjang tempat tidur sedikit melebihi panjang ruangan pod, sehingga sedikit mendorong penutup pod ke arah luar.

Tidak ada alarm bersuara yang ditawarkan untuk membangunkan Anda di pagi hari. Namun, tempat tidur dapat diatur agar otomatis naik dan bergerak pelan sesuai jadwal yang diinginkan, sehingga Anda dapat terbangun dengan cara yang lebih ramah.

Setiap pod terjaga privasinya karena terdapat satu pintu berupa layar yang dapat dinaik turunkan, dan dikunci sesuai kebutuhan.

Konfirgurasi Pod di Area Tidur

Konfigurasi Pod

Di dalam pod juga tersedia beberapa slot USB charger yang bisa digunakan untuk mengisi ulang daya gawai Anda. Di bawah tempat tidur juga terdapat laci yang cukup lega untuk menyimpan koper dan tas bawaan Anda.

Sebagai bonus, terdapat pula satu proyektor yang bisa memproyeksikan film dari laptop atau handphone pengunjung ke “pintu” pod yang dapat digunakan sebagai layar, sehingga pengunjung menikmati “bioskop” pribadi selama berada dalam pod tersebut.

Ipod yang diberikan pada saat check in juga dapat digunakan untuk mematikan dan menyalakan lampu dalam pod serta menyetel alarm untuk bangun di pagi hari.

Menyetel Alarm Secara Otomatis

Menyetel Alarm Secara Otomatis

TOILET

Salah satu kesamaan yang dimiliki oleh hampir seluruh tipe penginapan di Jepang adalah kebersihan yang terjaga. Toilet juga menjadi area yang mendapat perhatian utama dalam soal kebersihan.

Di The Millennials Kyoto, kamar mandi dibuat terpisah dari toilet.

IMG_1343

Informasi Penunjuk Arah

Satu kamar mandi terdiri atas beberapa booth shower dan satu booth yang menyediakan bath tub untuk berendam.

Washtafel pada Kamar Mandi

Deretan Washtafel di Kamar Mandi

Tersedia sabun, shampoo, serta kondisioner di setiap booth mandi tersebut.

Baik kamar mandi maupun toilet sama-sama memiliki kualitas kebersihan yang prima. Meskipun banyak pengunjung, staf hotel tetap menjaga dua area tersebut selalu kering dan bersih.

Dalam kamar mandi dan toilet juga terdapat beberapa tulisan yang mengajak partisipasi pengunjung untuk dapat menjamin kebersihan kamar mandi dan toilet setelah digunakan.

Jangan lewatkan kesempatan mencicipi ramen khas Jepang saat sedang menjelajahi negara ini. Tak perlu khawatir karena saat ini tersedia banyak pilihan ramen yang sesuai untuk pelancong muslim. Simak rekomendasi Ramen Halal di Kyoto dan Tokyo di sini.

AREA PUBLIK

The Millennials Kyoto menyediakan 1 buah dapur bersama yang memiliki peralatan masak canggih dan lengkap, mulai dari oven, mesin pembuat kopi, teko elektrik, juicer, dan peralatan masak lainnya.

Dapur Bersama

Dapur

Jika Anda suka memasak, Anda bisa membeli bahan pangan di supermarket yang ada di seberang jalan hotel, lalu menyimpannya dalam kulkas yang tersedia, untuk kemudian dimasak menggunakan peralatan masak yang cukup memadai di dapur ini.

Layaknya hostel, setelah memasak dan menggunakan peralatan makan, pengunjung diharapkan untuk mencuci kembali piring,  gelas, atau sendok yang telah digunakan, lalu mengelap dan menaruhnya kembali di tempat semula.

Di pagi hari, kapsul hotel ini menyediakan sarapan sederhana seperti kopi, teh, coklat panas, sereal, dan roti dengan berbagai selai dan topping.

Terdapat beberapa meja besar dan kursi-kursi yang bisa digunakan untuk sarapan dan makan. Salah satu meja bahkan bersisian dengan dinding kaca besar yang menghadap langsung ke jalanan ramai Kyoto, sehingga Anda bisa menikmati makanan sambil menyaksikan kesibukan kendaraan dan manusia berlalu lalang di bawah.

Dinding Kaca di Depan Meja dan Kursi Makan

Dinding Kaca di Depan Meja dan Kursi Makan

Selain lounge/common room yang dapat digunakan untuk bersantai atau berbincang-bincang dengan tamu lainnya, The Millennials Kyoto juga memiliki co-working space atau ruang kerja bersama yang cukup nyaman.

Lounge Common Room

Lounge (Common Room)

Co-working Space

Co-working Space

Meeting Room yang Cukup Privat

Meeting Room yang Cukup Privat

Co-working space ini sangat cocok dimanfaatkan jika Anda bepergian dalam trip bisnis, atau tidak bisa meninggalkan pekerjaan saat sedang berjalan-jalan. Pengunjung bahkan bisa mengadakan meeting atau wawancara di ruangan tersebut.

KESIMPULAN

Menghapus imej hotel kapsul yang sempit dengan fasilitas ala kadarnya, The Millennials Capsule Hotel Kyoto menjanjikan sensasi menginap yang bersih, dengan privasi yang terjaga.

Buku dan Fasilitas Komputer yang Dapat Digunakan Tamu

Buku dan Fasilitas Komputer yang Dapat Digunakan Tamu

Sepeda yang Dapat Dirental

Sepeda yang Dapat Dirental

Fasilitas-fasilitas modern yang disediakan juga menjadikan saat-saat menginap Anda menjadi lebih nyaman. Layak dicoba jika Anda ingin mencoba tidur dan menginap di hotel kapsul saat berkunjung ke Kyoto.

The Millennials Kyoto

  • Alamat: 235 Yamazakicho, Nakagyo Ward, Kyoto, Kyoto Prefecture 604-8032, Japan
  • Telepon: +81 75-212-6887
  • Fasilitas: Co-working Space, Dapur Bersama, Ruang Makan, Common Room/Lounge/TV Area, Free Wifi, Rental Sepeda, Laundry, Free Beer (tersedia setiap hari pukul 17.30 – 18.30)
  • Website: www.themillennials.jp/kyoto

2 responses to “The Millennials Kyoto: Rekomendasi Hotel Kapsul Modern, Bersih, dan Nyaman di Pusat Kota Kyoto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s