Cita-cita

20150410_113546

Apa cita-cita Anda?

Dari kecil kita sepertinya dipaksa untuk menjadikan beberapa profesi sebagai pilihan utama cita-cita. Sebut saja dokter, misalnya.

Entah kenapa lingkungan kita terobsesi sekali dengan profesi ini sehingga posisi dokter menjadi incaran pertama. Tempat kedua diduduki profesi insinyur, disusul presiden, menteri, dan seterusnya. Nyaris tidak ada tempat untuk mereka yang dari kecil bercita-cita menjadi pelukis, penulis buku, atau pemain teater.

Sedari kecil saya punya satu cita-cita: Menjadi diplomat. Saya ingin bekerja di kedutaan atau kementerian luar negeri dan menghadiri pertemuan internasional serta melakukan lobi dengan diplomat negara-negara lain. Dari kelas lima SD saya sudah punya cita-cita itu.

Sayangnya ada hal-hal yang memang selamanya cuma menjadi cita-cita. Keinginan saya menjadi diplomat adalah salah satu contohnya.

Selain diplomat, saya juga pernah bercita-cita menjadi pilot pesawat terbang. Namun hal ini juga tidak mungkin terwujud. Gigi saya berantakan. Ada gingsul di bagian kiri atas. Anda tidak menyadarinya? Ah, saya bersyukur sekali kalau begitu. Selain itu saya juga sedikit cadel. Tidak layak menjadi pilot pokoknya.

Namun, cita-cita saya paling awal justru profesi yang tidak banyak digemari orang. Pada saat duduk di kelas dua Sekolah Dasar, saya pernah ditanya apa cita-citanya oleh seorang teman di kelas. Saat itu saya menjawab ingin menjadi sopir angkot. Ketika ditanya kenapa, saya menjawab karena sopir angkot kerjanya enak: Setiap hari berkeliling kota, cukup duduk di belakang setir, dan diberi uang oleh penumpang.

Bertahun-tahun kemudian, setiap kali mengingat cita-cita paling awal saya ini, saya selalu tersenyum dan mau tidak mau berpikir: dulu saya sepolos itu ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s