Cerita ATM

IMG_1623

Berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk bertransaksi di ATM? Jika hanya untuk mengambil uang, mungkin durasinya akan kurang dari dua menit. Cukup masukkan kartu, mengetikkan PIN dan jumlah uang, mengambil uang, menarik kembali kartu dan slip bukti transaksi, lalu keluar.

Durasi akan bertambah sedikit jika ada aktivitas lain seperti transfer uang, namun itu pun (seharusnya) tidak akan memakan durasi hingga 10 atau 15 menit.

Namun ternyata tidak semua orang seperti itu. Ada orang-orang yang menghabiskan waktu cukup lama di depan ATM. Dalam hal ini, saya tidak membahas mereka yang kurang paham dan baru mencoba menggunakan mesin ATM ataupun yang berusia lanjut.

Pengguna ATM yang demikian buat saya cukup dapat dimaklumi jika menghabiskan waktu lama. Yang menjadi perhatian saya adalah mereka yang sudah biasa memakai mesin ATM, namun tidak bisa menggunakannya dengan tepat dan efisien.

Mesin ATM tentunya memiliki status sebagai barang milik bersama. Jika tidak ada antrian manusia, silakan gunakan berlama-lama. Namun jika antrian mengular, durasi penggunaan menjadi hal yang penting.

Kadang-kadang ada orang-orang yang menggunakan ATM dengan semena-mena. Salah satu contoh tipe ini adalah mereka yang hendak mentransfer uang, namun baru mengeluarkan handphone lalu mengecek nomor rekening tujuan yang tersimpan dalam handphone pada saat sudah ada di depan mesin ATM. Bayangkan berapa waktu yang dihabiskan untuk ini, kadang-kadang mereka malah mencari-cari cukup lama sementara ada antrian panjang di belakang.

Sebaiknya pastikan nomor tujuan transfer terlebih dahulu sebelum bertransaksi. Saya sendiri selalu berusaha menyiapkan kartu ATM saya saat sedang mengantri, sehingga saat giliran saya datang, saya tinggal mencolok kartu lalu bertransaksi.

Pernah juga saya saksikan, saat seseorang sedang menggunakan mesin ATM, tiba-tiba ada yang menghubungi teleponnya. Yang terjadi selanjutnya yang bersangkutan malah asyik mengobrol di depan mesin ATM. Tentu akan mengganggu buat mereka yang sedang menunggu bukan?

Begitulah, setidaknya dengan mengamati perilaku manusia di ATM, saya jadi tahu bagaimana tipikal pengguna ATM yang menyebalkan, dan sedapat mungkin tidak menjadi seperti mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s